Resensi Novel - Surat Kecil Untuk Tuhan


Judul Buku                  : Surat Kecil Untuk Tuhan
Penerbit                       : Inandra Published
Tahun Terbit                : 2008
Cetakan                       : Jakarta,September 2011
Edisi                            : Ke – 8
Tebal                           : 232
Pengarang                   : Agnes Danovar


Resensi


***

               Novel ini menceritakan kisah Gita Sesa Wanda Cantika atau lebih di kenal dengan Keke, seorang gadis remaja yang berusia 13 tahun telah menghinggap penyakit langka Rabdomisarkoma (kanker jaringan lunak) pertama di Indonesia. Kanker ini menyerang bagian wajahnya hingga berubah menjadi monster. Walau dalam keadaan menderita, Keke tetap berjuang melawan kanker ganas yang dideritanya. Keke terpaksa menjalani serangkaian terapi yaitu kemoterapi dan radioterapi hampir setahun lamanya,sehingga membuat rambutnya sedikit demi sedikit  rontok, kulitnya pucat, tubuhnya mengecil dan sering mual-mual. Ketekunan usahanya membuahkan hasil, Keke dinyatakan sembuh dan bisa menjalani aktivitas sehari-hari.
Setahun lebih kemudian kanker ganas tersebut kembali lagi, bahkan lebih parah dari yang sebelunya. Kanker itu mulai menyebar hingga ke jantung, paru-paru dan organ tubuh lainya. Ratusan  dokter banyak yang menolak mengobatinya, sehingga Keke di bawa`ke Singapura untuk melakukan pengobatan. Seiring berjalanya waktu, kondisi Keke belum membaik. Ratusan  dokter memprediksi Keke tidak dapat bertahan lama, namun pada akhirnya Keke dapat bertahan lebih satu tahun. Penyakit Keke tidak dapat di sembuhkan lagi.  Sebelum menghembuskan nafasnya Keke menulis sebuah surat kecil untuk tuhan dan berharap tidak ada air mata lagi yang terjadi karenanya. Akhirnya Keke meninggal pada tanggal 25 Desember 2006 setelah merayakan Idul Fitri terakhir bersama keluarganya dan teman-temanya.
Kanker ganas yang di deritanya tidak membuatnya patah semangat. Keke terus berjuang dalam melawan kanker ganasnya. Dia tetap mencetak prestasi di sekolahnya. Hal ini patut dicontoh untuk kita semua. Setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya. Jadi berusahalah untuk mencari jalan keluar. Allah memberikan cobaan sesuai kemampuan hamba-Nya.
Novel ini ditulis oleh dua saudara yang bersatu dalam sebuah karya  yaitu  Agnes dan Danovar. Kelebihannya novel ini diambil dari kisah nyata. Gaya bahasanya mudah di mengerti. Banyak pelajaran yang sangat berharga untuk kita contoh. Novel ini juga melampirkan foto-foto Keke dan sahabat-sahabatnya di pemakaman. Novel ini juga melampirkan surat yang di tulis Keke yang berjudul surat kecil untuk tuhan. Novel ini sudah Best Seller, saya rasa tidak ada kelemahannya.

Komentar